ADITYA BUDIANSYAH

Sabtu, 20 Juni 2009

ISLAM DI TURKI

Menyimpan Pedang Rasulullah & Nabi Musa.

Turki yang sebagian wilayahnya berada di Eropa punya tiga keunikan. Pertama,kerajaan Ottoman Turki pernah menguasai sebagian Eropa dan Asia sekitar 7 abad. Kedua, Turki salah satu negara Muslim (98%) yang tak pernah dijajah negara lain. Ketiga, Turki menyimpan benda-benda bersejarah,seperti pedang Rasulullah, Nabi Musa, dan kunci Kakbah.

ISTANBUL
Kota terbesar di Turki merupakan pusat kerajaan Ottoman(Usman) yang menguasai hampir sepertiga dunia selama 622 tahun. Kerajaan yang didirikan Usman putra Artogrol ini berdiri tahun 1300M dan runtuh tahun 1922. Dalam periode tersebut kerajaan ini memiliki 39 orang raja. Kerajaan ini pernah menguasai kawasan Eropa (Yunani, Arab, Yaman) dan kawasan Afrika (Mesir, Tunisia, Maroko, Aljazair). Istanbul pernah berganti nama jadi Konstantinopel sebagai pusat Kerajaan Romawi dan Bizantium.Kota Istanbul yang indah dibelah laut Bosphorus. Satu sisi di Benua Asia dan sisi lainnya di daratan Eropa, dan kedua wilayah itu dihubungkan jembatan sepanjang 1000 m dengan ketinggian 400 m dari permukaan laut. Istanbul seluas 238 km persegi, sebagian besar warganya hidup didaratan Eropa. Sekitar 3% wilayah Turki di Eropa. Tak heran, bila Turki sejak dulu ingin menjadi anggota Eropa Bersatu.

PEDANG RASULULLAH
Pada abad ke-16 M, sewaktu Turki menguasai Mesir dan Arab, kerajaan Ottoman itu memboyong sejumlah benda bersejarah Islam ke Istanbul. Di antaranya: pedang Rasulullah, Nabi Musa, kunci Kakbah, dan pedang para sahabat(para kolifah). Di samping itu juga dibawa tulisan tangan pertama mashaf Al-Qur'an di zaman Usman bun Affan. Benda-benda asli itu kini disimpan di museum dan menjadi perhatian ribuan turis dari seluruh dunia setiap hari di Istana Topkapi, Istanbul. Istana ini dibangun Sultan Mehmed II selama 14 tahun dan selesai 1479. Istana cantik di pinggir lautan Bosphorus ini terdapat diatas area 700.000 m persegi.

0 komentar: