ADITYA BUDIANSYAH

Minggu, 21 Juni 2009

PARKOUR

Slogan salah satu produk susu 'hidup itu lentur' semestinya sevisi dengan olahraga ini. Alias tujuannya sama yaitu melatih tulang kuat, melatih kemampuan dan ketahanan fisik. Apalagi dengan motto Bapak Georges Hebert menambah greget dan semangat sportivitas kita tergelitik...
Motto penemu Parkour.
''etre fort pour etre utile''
''Be strong to be useful''
''Jadilah orang yang kuat dan tangguh untuk menjadi orang yang berguna.''(Georges Hebert)

Apa sih, Parkour?
Parkour artinya bergerak atau pindah dari titik satu ke titik lain dengan cepat dan seefisien mungkin. Sedangkan traceur merupakan sebutan bagi para praktisi Parkour. Intinya adlah bagaimana Traceur bisa meloloskan diri dari situasi yang sulit. Berlari, melompat, vaulting, memanjat, berpegangan pada sesuatu, menjaga keseimbangan, dan melewati halangan.
Parkour sendiri dikembangkan oleh David Belle dan Sebastian Faucan, mereka berdualah yang telah memperkenalkan olahraga ini pada seluruh dunia, pada awalnya hanya Perancis, kemudian daratan Eropa, baru kemudian menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia.
Parkour=Yamakashi
Parkour juga dikenal dengan sebutan ''Yamakashi'' (sebuah film Perancis tahun 2001) padahal sebenarnya Yamakashi adalah team Parkour yang terdiri dari 7 orang, berasal dari Lesses Perancis, mereka merupakan murid dari David Belle.
Parkour bukan Freerunning
Dulu Parkour dan Freerunning adalah satu olahraga, tapi David Belle dan Sebastian Faucan mempunyai prinsip yang berbeda, akhirnya tahun 2006 Parkour dan Freerunning menjadi 2 olahraga yang berbeda. Perbedaannya sangat tipis dalam masalah teknis dasar, akan tetapi perbedaan kedua olahraga ini sangat jauh apabila dilihat dari fundamental.Parkour adalah olahraga yang mengandalkan kemampuan tubuh manusia beserta mental, sedangkan Freerunning bisa dikatakan olahraga bebas seperti skate board, BMX, break dance,dsb.

TIPS Memulai Berlatih Parkour
Mengerti Parkour
  • Ikuti berlatih dengan keinginan sendiri. Bukan hanya ikut-ikutan teman.
  • Cari teman buat berlatih bareng. Cek jadwal jamming di forum atau lihat di homepage.
  • Mencari tahu kelemahan fisik sendiri.
  • Eksperimen seminggu dan tahu batas kemampuan fisik. Dengan cara memperbanyak latihan fisiknya.
  • Setelah mengetahui keterbatasan fisik, mulailah melatih fisik dan pastikan membuat kemajuan tiap bulannya.
  • Kalau sudah merasa kuat, mulailah melatih teknik gerakan dasar Parkour. Tapi jangan lupa, latihan fisiknya harus tetap berjalan.
Pak Georges Hebert si penemu, berhasil mengkoordinasikan upaya penyelamatan sebanyak 700 orang korban bencana alam dengan mempraktikkan Parkour (8 Mei 1902, di Saint Pieree, Martinique).
Tim-tim terkenal Parkour, antara lain: The Speed-air Men, The Catmen, la Rel-ve, dan yang terkenal les Traceurs.

0 komentar: