ADITYA BUDIANSYAH

Minggu, 14 Juni 2009

Tanaman Sederhana Yang Berkhasiat

Pepaya merupakan tanaman yang setiap bagiannya berguna untuk obat.Misalnya:

  1. Buahnya dapat memperlancar BAB, pepaya yang baik untuk obat adalah yang berwarna merah muda, buahnya tebal dengan rasa yang manis. Pepaya yang rasa manisnya ada sedikit rasa pahit diujungnya biasanya disuntik dengan bahan kimia agar warnanya manis dan warnanya menarik padahal hal itu berbahaya bagi pencernaan dan dapat mengakibatkan batuk.
  2. Daunnya dapat dibuat jamu yang membuat badan segar, menambah stamina dan menambah nafsu makan.
  3. Akarnya berguna untuk obat sakit perut, juga gejala penyakit batu ginjal. Caranya memilih akar pepaya yang tinggi pohonnya kurang dari 50 cm, potong 3-4 akar lalu bersihkan dengan air, kemudian rebus dengan 1 gelas besar air, setelah mendidih diamkan air tsb jika warnanya berubah maka dapat dijadikan obat.
Tanaman lain yang berguna untuk obat:
  1. Daun Singkong, bagi orang yang mempunyai tekanan darah rendah daun singkong baik untuk meningkatkan darah tetapi jangan terlalu banyak karena menyebabkan tekanan darah tinggi.
  2. Pare sayuran yang pahit ini berguna untuk menyembuhkan keputihan. Untuk memasak agar rasanya tidak pahit adalah dengan meremas-remas dicampur dengan garam sebelum dimasak.
  3. Daun Luntas berguna umtuk menghilangkan bau badan, misalnya saat hari raya Idul Adha setelah makan daging kambing saat kita berkeringat baunya tidak sedap, atau bagi orang yang gemuk biasanya mereka kaya akan keringat.

0 komentar: